perkembangan ilmu hubungan internasional

Tugas 2 Pengantar Ilmu Hubungan Internasional

Salah satu manfaat dari pentingnya mempelajari ilmu hubungan internasional adalah untuk lebih memberikan sumbangan pemikiran untuk ikut berperan serta secara nasional maupun internasional pada era globalisasi, studi HI memainkan peranan yang memungkinkannya menjebatani interseksi dan kolaborasi ilmu-ilmu sosial dalam sebuah paradigma global.

Hal tersebut dimungkinkan karena studi ilmu hubungan internasional atau yang dikenal juga dengan nama IR (International Relations) adalah suatu studi ilmu yang mengacu pada berbagai bidang seperti ilmu politik, ekonomi, sejarah, hukum internasional, filsafat, geografi, kerja sosial, sosiologi, antropologi, psikologi, kajian wanita / studi gender, dan studi budaya / culturology. Dan akhirnya ilmu hubungan internasional melibatkan beragam masalah termasuk tetapi tidak terbatas pada: globalisasi, negara kedaulatan, keamanan internasional, keberlanjutan ekologis, proliferasi nuklir, nasionalisme, perkembangan ekonomi, keuangan global, terorisme, kejahatan terorganisir, keamanan manusia, intervensi asing dan hak asasi manusia.

Akan tetapi ilmu hubungan internasional tidak langsung menjadi suatu disiplin interdimensional seperti sekarang ini. Melainkan melalui serangkaian perkembangan yang melalui jalan yang amat panjang sehingga menjadi seperti saat ini.

Banyak yang beranggapan perkembangan sejarah ilmu hubungan internasional (ir) berawal dari perjanjian Westphalia pada tahun 1648, ketika pada saat itu sistem negara modern pertama kali  dikembangkan. Perjanjian Westphalia mengatur tentang pembentukan konsep legal tentang kedaulatan, yang pada dasarnya para penguasa, atau kedaulatan-kedaulatan yang sah tidak akan mengakui pihak-pihak lain yang memiliki kedudukan yang sama dalam batas-batas kedaulatan wilayah yang sama.

Selain itu momentum yang dianggap paling berpengaruh terhadap terbentuknya studi hubungan Internasional (IR) adalah Perang Dunia I.  Pada tahun 1914, negara-negara utama di daratan Eropa terlibat perang besar, yang melibatkan setidaknya 19 negara. Lebih 40 juta jiwa (militer dan penduduk sipil) terbunuh dalam perang ini.  Empat dinasti besar (OttomanHabsburgRomanov, dan Hohenzollern) yang telah berkuasa sejak perang Salib mengalami keruntuhan. Untuk pertama kalinya dalam perkembangan sejarah modern, senjata-senjata pemusnah massal juga diterapkan dalam perang ini, dengan penggunaan senjata kimia.

Kerusakan yang sangat besar bagi kemanusiaan telah memotivasi para negarawan dan ahli ilmu sosial untuk berpikir kembali tentang tatanan hubungan antarnegara.  Pertanyaan besarnya adalah mengapa negara-negara di dunia nyaris gagal hidup berdampingan dalam perdamaian? Sejak  itulah muncullah cikal bakal dari permulaan ilmu hubungan internasional yang dianggap sebagai solusi untuk memecahkan persoalan tersebut.

Secara resmi, ilmu hubungan internasional (IR) mulai terbentuk pada tahun 1918, yang ditandai dengan berdirinya Chair of International Relations – Woodrow Wilson Chair at Aberystwyth, University of Wales.  Namun, proses pembentukan tersebut tidak lahir begitu saja.  Terdapat perkembangan yang amat panjang yang membuat para negarawan dan ahli ilmu sosial termotivasi untuk menjadikan bidang studi ini sebagai disiplin ilmu mandiri.

Di Indonesia sendiri khususnya di Universitas Airlangga hubungan Internasional (IR) mengalami perkembangan yang juga amat sangat panjang. Pertumbuhan dan perkembangan Internasional (IR) Universitas Airlangga  tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : 

  • Secara de facto Program Studi Ilmu Hubungan Internasional berdiri tanggal 3 September 1982, sedang pendirian secara resminya tertanggal 24 September 1984 dengan SK Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program studi ini bernaung di bawah Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.
  • Melahirkan lulusan S1 pertama dari Program Studi Hubungan Internasional pada tahun 1986
  • Lahirnya Pusat Kajian Masalah Organisasi Internasional pada tahun 1993
  • Lahirnya Jurnal Hubungan Internasional di tahun 2001
  • Perubahan status Unair menjadi BHMN mengakibatkan Program Studi Hubungan Internasional mulai menerima jumlah mahasiwa baru di atas 50 mahasiswa per angkatan dengan dibukanya jalur PMDK Umum di tahun 2003
  • Sejak tanggal 1 September 2004 Jurusan/Program Studi Ilmu Hubungan Internasional terpisah dari Jurusan Ilmu Politik dengan turunnya Surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor: 44446/J03/KP/2004 tertanggal 1 September 2004. Sejak itu diangkatlah Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Ilmu Hubungan Internasional.
  • Lahirnya Roadmap 2020 pada tahun 2005
  • Departemen Hubungan Internasional memperoleh Akreditasi A pada tahun 2006
  • Memperoleh Program Hibah A3 sebesar 2, 2 miliar pada tahun 2007
  • Lahirnya Jurnal Global & Strategis pada tahun 2007
  • Perubahan Jurusan Hubungan Internasional menjadi Departemen Hubungan Internasional di tahun 2008
  • Dimulainya program peminatan S1 mulai 2009
  • Mulai dibukanya program Magister (S2) pada tahun 2010
Kesimpulannya studi hubungan internasional (IR) merupakan studi yang mampu menjebatani interseksi dan kolaborasi ilmu-ilmu sosial dalam menykapi globalisasi. Selain itu ilmu hubungan internasional berkembang dati awalnya sekedar solusi agar perang tidak terjadi menjadi suatu ilmu yang interdisipliner untuk menyikapi bagaimana hubungan antar Negara dalam era globalisasi saat ini.






Referensi :
  1. Dept. Hub. Internasional., Roadmap Pengembangan Departemen Hubungan Internasional
  2. Schmidt, Brian C., (2002) “On the History and Historiography of International Relations,” in Walter Carlsnaes, Thomas Risse, Beth Simmons [eds.], Handbook of International Relations, SAGE.
  3. Jackson, R., &. Sorensen, G. (1999) Introduction to International Relations, Oxford University Press.
  4. http://hiunair.com/department/milestone
  5. http://www.fisip.unair.ac.id/index.php?option=com_content&view=category&id=35&Itemid=106

0 komentar:

Thieftheodore Search Engine

About me

anda adalah pengunjung ke

Counter Powered by  RedCounter

Template Brought by :

blogger templates